Selasa, 08 Juni 2010

LAPORAN BULANAN INDIVIDU FASILITATOR TEKNIK KABUPATEN PNPM-MP Bulan April 2010 Oleh: Sudarmanto,ST,MSi

LAPORAN BULANAN INDIVIDU
FASILITATOR TEKNIK KABUPATEN PNPM-MP

Nama : Sudarmanto,ST,MSi
Posisi : Fastekab
Lokasi Tugas : Kabupaten Kutai Timur
Laporan Bulan : April 2010

BAB I PENDAHULUAN
Kabupaten Kutai Timur untuk Tahun 2010 ini semua kecamatan yang adadi Kabupaten Kutai Timur mendapat alokasi dana Program Nasionl Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Kecamatan-kecamatan yang mendapat dana PNPM-MP adalah Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung, Sandaran, Sangkulirang, Koubun, Kaliorang, Bengalon, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat, Telen, Busang, Kongbeng, Muara Wahau, Karangan dan Batu Ampar.
Dari 18 kecamatan tersebut ada 3 kecamatan yang benar benar masih baru menerima dana PNPM-MP, yaitu: Kecamatan Busang, Telen dan Kongbeng. Meskipun telah menginjak bulan April, namun pelaksanaan PNPM-MP Tahun Anggaran masih banyak yang belum selesai. Progress rata-rata PNPM-MP Tahun 2009 baru mencapai 45,76 %. Rincian progress untuk masing-masing kecamatan adalah Bengalon ( 34%), Kaliorang ( 33,33%), Mura Ancalong (100 %), Muara Bengkal ( 83,33%), Muara Wahau ( 40 %), Sandaran ( 92 %), Sangkulirang ( 7 %), Batu Ampar ( 0 %), Karangan ( 56 %), Kaubun (40,71%), Long Messangat ( 30 %), Rantau Pulung ( 53,46%), Sangatta Utara ( 37,93%), Sangatta Selatan ( 18,25 %), dan Teluk Pandan (60,33 %). Edangkan rincian per kegiatannya di tingkat desa dapat dilihat pada lampiran laporan ini.
Tahun 2010 PNPM-MP progress rata-rata setiap kecamatan untuk di Kabupaten Kutai Timur sampai pada tahapan Musyawarah Desa Sosialisasi. Namun masih ada 2 kecamatan yang belum melaksanakan Musyawarah Antar Desa Sosialisasi, yaitu kecamatan Koubun dan Batu Ampar.
Untuk perkembangan PNPM-MP TA. 2007-2008 adalah Gedung TK/TPA desa Sepaso (Kec.Bengalon) telah melaksanakan MDST. Sedangkan yang belum melaksanakan MDST karena pekerjaan belum selesai adalah Pembangunan TK Umum desa Tepian Terap progress 95% dan Pengerasan Jalan desa Sampayau progress 90% (Kec. Sangkulirang); Perkerasan Jalan Sirtu desa Kalinjau Ulu progress 90% dan Air Bersih desa Muara Dun progress 80% (Kec Mura Ancalong); Puskesmas Pembantu desa Bennesa progress 80% (Kec. Muarea Wahau); dan Listrik Desa desa Kaliorang progress 85 % (Kec. Kaliorang) yang disebabkan 1 (satu) buah dari 3 (tiga) mesin yang ada ngadat, sedangkan 1(satu) buah mesin belum dicairkan dananya (akan dicairkan setelah mesin yang ngadat diperbaiki, dengan tujuan sebagai jaminan) dan 1 (satu) mesin lagi berfungsi baik. Sedangkan yang sudah selesai 100% namun belum MDST adalah BPU desa Batu Balai (Kec. Muara Bengkal), hal ini disebabkan menunggu penyelesaian swadaya lantai bangunan.

BAB II TUJUAN
Pada bulan April PNPM-MP Kabupaten Kutai Timur mempunyai tujuan pertama ningkatkan progress TA. 2009. Sedangkan tujuan ke 2 (dua) inginkan tercapai progress sebesar 100 % untuk MAD Sosialisasi, 100% untuk MD Sosialisasi, dan 100 % untuk Pelatihan KPMD.Tujuan ke 3 adalah menyelesaikan PNPM-MP TA. 2007 dan 2008 yang belum MDST.

BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN
Pada bulan April 2010 pelaksanaan kegiatan PNPM-MP tahun 2009 hanya tercapai peningkatan MAD Sosialisasi 85%, MD Sosialisasi 60%, dan Pelatihan KPMD 10%.
Sedangkan target rencana untuk bulan Mei 2010 adalah tercapainya peningkatan progress Sarana Prasarana TA.2009 sampai pada tahapan pencairan termin ke 2 di setiap kecamatan yang berbarengan dengan progress kegiatan prasarana sebesar rata rata 80 %. Dan beberapa kegiatan dilakukan MDST bagi yang sudah 100 % dan penyelesaian dokumen laporan akhir untuk masing-masing kegiatan. Sedangkan untuk TA. 2010, mempunyai target tercapai progress sebesar 100 % untuk MAD Sosialisasi, 100% untuk MD Sosialisasi, dan 100 % untuk Pelatihan KPMD serta 25 % MKP dan MD Perencanaan. Target ke 3 adalah terselesaikannya MDST PNPM-MP TA. 2007 dan 2008.

BAB IV PERMASALAHAN

PNPM-MP TA. 2009 bulan April hanya mampu mencapai sedikit peningktatan karena mempunyai beberapa masalalah, yaitu:
1. Kondisi FK/FT belum lengkap;
2. Kemampuan FK/FT yang masih lemah dalam : pendampingan TPK dalam penyusunan LPD, pengawasan kegiatan sarpras di lapangan.

PNPM-MP TA. 2010 bulan April, belum tercapainya target 100 % untuk MAD Sosialisasi, 100% untuk MD Sosialisasi, dan 100 % untuk Pelatihan KPMD, hal ini karena beberapa sebab yaitu:
1. Selain kurangnya jumlah FK/FT, konsentrasi fasilitator terbagi dengan masih mengurusinya PNPM-MP TA. 2009 sehingga progress untuk tahun 2010 menjadi terhambat atau terbengkalai;
2. Kondisi tim di tingkat kecamatan yang lemah, karena 2 sebab, yaitu kurang pandainya fasiitator berkomunikasi dengan Camat, PJOK dan UPK dan kurang disiplinnya aparat kecamatan di lokasi tugas (sering tidak hadir).

PNPM-MP TA. 2007-2008 belum tercapai seluruhnya disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:
1. Karakter masyarakat yang mbandel;
2. Kurangnya pendekatan yang intens dari pelaku PNPM di tingkat kecamatan maupun kabupaten;




BAB V PENUTUP

Lambatnya PNPM-MP TA. 2009 yang disebabkan oleh FK/FT yang belum lengkap serta kurangnya kemampuan FK/FT dalam memfasilitasi masyarakat, maka rekomendasi yang dapat diberikan adalah: segera diusulkan ke provinsi tentang penambahan FK/FT; perlunya peningkatan SDM FK/FT melalui OJT tim kecamatan dan Satker Kabupaten Kutai Timur saat berkunjung ke lapangan maupun saat IST bulanan berbarengan dengan Rakor Kabupaten.
Lambatnya PNPM-MP TA. 2010 yang disebabkan oleh FK/FT yang belum lengkap serta kurangnya kemampuan FK/FT dalam komunikasi dengan tim tingkat kecamatan, maka tim kabupaten memberikan rekomendasi: segera dikirimnya FK/FT dari provinsi, IST saat kunjungan ke kecamatan maupun saat rakor kabupaten serta Rakor tingkat kabupaten dengan mengundang PJOK agar terjalin kekompakan dalam tim pelaku PNPM-MJP di tingkat kecamatan.
Lambatnya PNPM TA. 2007-2008 yang disebabkan oleh karakter masyarakat yang mbandel dan kurangnya pendekatan yang intens dari pelaku PNPM di tingkat kecamatan maupun kabupaten, maka tim kabupaten merekomendakasikan agar sosialisasi program yang tak henti hentinya oleh pelaku PNPM di tingkat desa maupun kecamatan, serta pendekatan yang intens terhadap TPK setiap minggu.


Sangatta, 31 April 2010

Fastekab Kutai Timur



Sudarmanto,ST,MSi

Tidak ada komentar: